Weekend Event #1 Lebaran Betawi 2019

Halo Sobat Pejalan Akhir Pekan,

 

Wah, udah lama juga ya gak update cerita akhir pekan nih, terakhir update sekitar 4 bulan lalu di bulan Maret. Kami segenap kerabat kerja Pejalan Akhir Pekan meminta maaf karena masing-masing pejalan lagi sibuk dengan urusannya masing-masing nih 😁 Pejalan #1 alias Kak Cecil lagi sibuk di kantor dan acara lari, Pejalan #2 alias Febry sibuk mengurus kelulusan studi Magisternya yang alhamdulillah akhirnya udah beres semua dan dinyatakan lulus, dan Pejalan #3 alias Dimitri juga sibuk sama kantor baru dan keluarganya. Maka dari itu, kita bertiga juga udah lama gak ngumpul di weekend dan jalan-jalan lagi nih.

Tapi untungnya, akhir pekan kemarin ada acara seru di kota Jakarta loh yang namanya “Lebaran Betawi 2019” dan kebetulan pejalan #2 menyempatkan diri buat datang dan eksplor acara ini di hari Sabtu kemarin. Mau tau ceritanya? Yuk sobat Pejalan Akhir Pekan, kita ikutin ceritanya.

Pejalan #2 alias Febry di hari Sabtu pagi tanggal 20 Juli kemarin mengunjungi acara “Lebaran Betawi 2019” yang diadakan di Monas selama 3 hari mulai Jumat-Minggu, 19-21 Juli 2019. Kebetulan pejalan #2 juga punya darah Betawi, jadi kita cus aja ke Lebaran Betawi. Acara ini pada tahun-tahun sebelumnya selalu diadakan di Setu Babakan namun baru di tahun 2019 ini direlokasi ke Monas supaya yang datang lebih banyak lagi karena akses ke Monas lebih mudah dicapai dibanding Setu Babakan.

Nah, ada apa aja sih di acara “Lebaran Betawi 2019” ini? Sebenarnya, acara ini memadukan berbagai kesenian, kebudayaan, dan kuliner khas Betawi sekaligus juga sebagai ajang ngumpul-ngumpulnya warga Jakarta. Jadi gk cuma orang Betawi aja loh yang boleh ikut event ini. Kalo sobat Pejalan Akhir Pekan penasaran sama budaya, kesenian, dan kuliner khas Betawi asli yang sekarang udah jarang ditemukan, bisa loh datang ke event yang diadakan setahun sekali ini.

Acara “Lebaran Betawi 2019” ini dimulai jam 06.30 pagi. Masih pagi sekali kan? Tapi ternyata di area Monas sudah lumayan rame loh. Selain rame sama penjual makanan-minuman dan penyelenggara acara, ternyata banyak juga masyarakat yang sedang olahraga di sekitaran Monas tertarik mengunjungi acara ini. Oh ya FYI, acara ini buka dari pagi hingga malam dan GRATIS masuk ya! Asik gk tuh? Hehehe. Febry alias Pejalan #2 bersama keluarga pertama-tama ke stand yang berjualan aneka penganan khas Betawi. Dari mulai Dodol Betawi, Geplak, Wajik, Tape Uli, sampe Bir Pletok ada di sini. Menariknya lagi, kita bisa foto-foto sambil berpose di depan kuali dodol kayak foto di bawah ini:

20190720_065253
Pejalan #2 lagi asyik ngaduk dodol betawi nih.

 

20190720_065100
Mau dodol? Wajik? Bir Pletok? Ada semua disini.

Pasti banyak yang penasaran kayak apa sih Dodol Betawi, Wajik, Geplak? Nah, Dodol Betawi itu mirip sama Kue Keranjang khas Imlek tapi agak lebih lembek. Wajik dan Geplak yang udah rada jarang ditemui kalo bukan hari-hari besar atau pesta pernikahan Betawi. Wajik terbuat dari ketan sementara Geplak dari beras dan dua-duanya rasanya manis. Biar gk bingung, yuk dilihat aja penampakannya kayak apa:

20190720_073109
Yang kiri dodol betawi, yang kanan Geplak

Di sebelah stand yang jual penganan khas Betawi, ada juga penjual Kerak Telor dan Es Selendang Mayang. Abang dan Mpok penjualnya ini nyablak tapi ramah karena memang orang Betawi asli. Oh ya, dari hasil obral-obrol dengan abang dan mpok ini saya juga dapat info-info menarik seputar kuliner Betawi. Menurut si abang penjual Kerak Telor, daerah Buncit di Jakarta Selatan adalah tempat lahirnya kuliner berbahan dasar telor, beras ketan, serundeng, dan ebi ini loh makanya banyak tukang Kerak Telor yang berlokasi di Ragunan. Terus lagi, Kerak Telor khas Betawi itu sama sekali tidak menggunakan garam dan vetsin untuk penyedap, hanya mengandalkan serundeng kelapa dan ebi agar rasanya gurih dan baunya harum.

Habis selesai makan Kerak Telor, saya membeli minuman legendaris khas Betawi: Es Selendang Mayang. Minuman ini berisi Selendang Mayang yang terbuat dari tepung hunkwe yang diberi pewarna dari daun suji, disiram santan dan gula merah kemudian ditambahkan es. Simple sebenarnya cuma sudah jarang yang jual padahal rasanya gk kalah sama ice boba yang lagi ngetren sekarang loh. Harganya juga terjangkau, hanya Rp. 10.000 per gelas.

20190720_074444
Abang kerak telor Buncit (nama daerahnya bukan perutnya)
20190720_074512
Ini penampakan es Selendang Mayang

 

Setelah kenyang sarapan makanan khas Betawi dan membeli penganan untuk oleh-oleh, saya beranjak menuju rumah-rumah khas Betawi yang sengaja dibangun untuk objek foto-foto yang instagrammable. Bukan cuma bentuk rumahnya aja yang dibangun khas Betawi, tapi ornamen dan pernak-pernik dalamnya juga khas Betawi tempo doeloe. Ada lampu petromaks khas Betawi, bangku dan meja ruang tamu kayak yang kita lihat di sinetron Si Doel, sampai ada boneka Ondel-Ondel di depan rumah. Semua bisa pengunjung nikmati untuk sekedar lihat-lihat atau foto-foto bersama keluarga.

20190720_070203
Bagian teras rumah khas Betawi tempo doeloe

 

20190720_070110
Nyok kite nonton Ondel-Ondel

Wih, menarik banget kan?

 Yang gak kalah menariknya lagi, panitia juga menghadirkan Oplet si Doel di depan panggung raksasa yang bisa kita gunakan untuk foto-foto loh. Penasaran kayak apa dalamnya oplet itu? Nah, di “Lebaran Betawi 2019” ini kita juga bisa masuk ke dalam oplet dan merasakan sensasi naik oplet loh. Sayangnya, opletnya cuma dipajang aja alias gak bisa dikendarai hehehe. Saya mencoba masuk dan foto-foto dari dalam oplet, ternyata dalamnya oplet itu sempit banget ya. Saya sampai harus menunduk-nunduk supaya kepala tidak kejeduk atap belakang oplet itu.

20190720_072625
Cinere – Gandul, Cinere – Gandul!
20190720_071817
Panggung Utama Lebaran Betawi

Sayangnya saya dan keluarga datang ke acara “Lebaran Betawi 2019” ini kepagian, jadi waktu itu belum ada atraksi kesenian atau kebudayaan di atas panggung. Panitia mengantisipasi itu semua dengan memutar lagu-lagu tradisional Betawi yang rata-rata dinyanyikan oleh Bang Benyamin Sueb. Overall sih, saya cukup puas dengan adanya acara “Lebaran Betawi 2019” ini karena selain nostalgia, juga bisa jadi ajang kumpul dan silaturahmi bareng encang-encing, nyak-babe, abang-mpok sekaligus. Semoga acara ini diadakan terus tiap tahunnya dan yang datang semakin banyak lagi!

Rating: 8.5 dari 10

AKSES:

Untuk akses ke acara “Lebaran Betawi 2019” di Monas ini bisa menggunakan bus TransJakarta dan turun di halte Monas atau Balai Kota. Bisa juga menggunakan MRT (Moda Raya Terpadu) dan turun di Bundaran HI lalu lanjut naik bus TransJakarta. Kalo menggunakan KRL Commuter Line bisa turun di stasiun Juanda dan lanjut menggunakan bus TransJakarta atau transportasi online.

Sampai jumpa di Lebaran Betawi tahun depan!

Leave a comment